Kamis, 09 Juli 2009

Perkembangan Facebook dalam masyarakat

Situs jejaring sosial facebook, menjadi fenomena yang sangat menarik di internet. Betapa jaringan media online seperti facebook tidak hanya mempengaruhi informasi alam maya tapi juga kehidupan sosial di alam nyata.

Perkembangan facebook menjadi media yang menarik untuk mencari teman, menyambung pertemanan pada teman yang jauh, yang sulit bertemu di alam nyata, tanpa mengenal batas dan waktu.

Lebih dari itu melalui media facebook ternyata perkembangnnya melebihi itu, lewat si pembuat facebook mark zuckerberg yang sebelumnya hanya menjalin teman sekampus di mana zuckerberg kuliah, kini mempengaruhi budaya dan politik di seluruh dunia.

Facebook yang sukses di jadikan media kampanye barack obama di tiru oleh para politikus di seluruh dunia, menjadi media yang efektif untuk menjaring massa.

Kini facebook sudah sangat menjamur di indonesia. Berkat media facebook terjadi kisah perjumpaan teman lama yang sudah bertahun-tahun tak bertemu akhirnya bisa berkomunisi lewat facebook. Facebook dengan begitu cepat menggeser popularitas Friendster.

Bahkan di indonesia perkembangan facebook menduduki peringkat pertama mengalahkan google, sebuah fenomena yang menakjubkan, facebook tidak hanya merambah kalangan muda mudi, tetapi juga orang tua.

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan 4 februari 2004 dan didirakan mark zuckerberg, seorang lulusan harvard dan mantan murid ardsley high school. Keanggotaannya pada awalnya di batasi untuk siswa dari harvard college.

Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotannya diperluas ke sekolah lain di wilayah boston (boston college, boston University, MIT, Tufts), rochester, stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam ivy league.


Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu setelah peluncurannya.

Akhirnya, orang-orang yang memilikh alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat bergabung dengan situs ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar